Sunday, December 25, 2011

Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan - MUSRENBANGKEL 2012


Salam Sejahtera ,

Ada beberapa Pekerjaan Rumah yang harus diselesaikan terlebih dahulu , sebelum MUSRENBANGKEL untuk periode  tahun 2012 di kalurahan Kemlayan dilaksanakan . Dan tentunya banyak pihak yang harus dilibatkan , guna mensukseskan program-program yang akan dicanangkan untuk periode tahun mendatang .

Dalam hal ini , sebagai kelanjutan pelaksanaan PRA-MUSRENBANGKEL 2012 yang telah diselenggarakan pada bulan November 2011 lalu di Tawangmangu . Di mana masing-masing perwakilan dari RT / RW telah mendapatkan pembekalan yang hendaknya disampaikan kepada warga , untuk dapat merumuskan serta menentukan langkah-langkah kebijakan yang akan disampaikan dari masing-masing wilayah RT , yang kemudian dalam skala prioritas pada tingkat RW , urutan-urutan yang menjadi prioritas serta berkaitan dengan kepentingan utama warga merupakan usulan yang dapat diajukan pada MUSRENBANGKEL untuk periode 2012 mendatang , di kalurahan kita tercinta Kemlayan ini .

Di antara pekerjaan-pekerjaan rumah tersebut , di mana menyangkut cakupan luas di dalam masyarakat tingkat RT , kepengurusan RT / RW , Lembaga-lembaga Masyarakat serta Organisasi kemasyarakatan dan Sosial yang dapat memberikan suatu masukan akan hasil atas kemufakatan mengenai kebutuhan-kebutuhan masyarakat , keputusan-keputusan yang diperlukan , serta , tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam  mewujudkan kepentingan tersebut , sebelum keputusan selanjutnya ditetapkan dan diharapkan , yang antara lain adalah  :
 
A. Untuk Tingkat Basis ( RT / RW ) :

1. Refleksi tingkat basis , 3 tahun pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perkotaan ( PNPM-MP )

2. Pemilihan utusan RT ( 3 wakil ) yang akan dicalonkan dalam pemilihan kepengurusan Lembaga Keswadayaan Masyarakat ( LKM ) , untuk periode tahun 2012 - 2014 ( Sudah terlaksana pada bulan Desember 2011 ini , pada tingkat RT perwakilan berdasarkan pilihan / kebijakan masing-masing ketua RT )

3. Pemetaan Swadaya Tingkat RT / RW  ,  yang mencakup :
  • Kajian terhadap adanya Kelembagaan Kemasyarakatan dan Kepemimpinan, serta Organisasi kemasyarakatan
  • Kajian Sarana dan Prasarana Lingkungan Perumahan
  • Kajian Ekonomi serta masalah khusus yang dihadapi kaum perempuan .
  • Kajian Kesehatan 
  • Kajian Pendidikan
  • Kajian tinjauan atas Kelembagaan dan Program Renta PJM PRONANGKIS untuk ekternal BKM / LKM , yang merupakan jajak pendapat tingkat kepuasan Masyarakat , yang menyangkut kinerja Lembaga Keswadayaan Masyarakat pada periode tersebut .


4. Pemetaan Swadaya Refleksi Kemiskinan tingkat basis ( RT / RW )

  • Keterlibatan Warga ( peserta program )
  • Kesepakatan adanya pelaksanaan program , serta manfaat yang dapat diperoleh dari program yang sudah berlangsung ( PNPM - MP )
  • Diskusi tentang masalah kemiskinan ( dengan pembentukan kelompok )
  • Menguraikan Masalah kemiskinan menurut masyarakat , dan memberikan kriteria berdasar kajian masyarakat sendiri.
  • Keterlibatan masyarakat miskin , pandangan dan manfaat dengan adanya program penamggulangan kemiskinan.
  • Kriteria Kepemimpinan yang diharapkan .
  • Harapan masyarakat dengan adanya Lembaga Kemasyarakatan atau organisasi kemasyarakatan dalam upaya penanggulangan kemiskinan .


 
B. Untuk tingkat RW / Kalurahan

1. Pada PRA-MUSRENBANGKEL per bulan November 2011 lalu , untuk belanja permasalahan dari tiap-tiap RT , sudah dilaksanakan sejak bulan Oktober 2011 yang lalu . Sehingga , hampir 60% persen perwakilan RT / RW yang dapat  hadir, dapat menghadirkan permasalahan yang sedang dihadapi di wilayah masing-masing RT / RW .

2. Dengan adanya beberapa tambahan Pekerjaan Rumah  yang harus diselesaikan terlebih dahulu pada item A untuk tingkat Basis , maka pelaksanaan MUSRENBANGKEL dapat merupakan PRA-MUSRENBANGKEL 2012 , dengan mengacu dari hasil tingkat Basis tersebut terlebih dahulu , sehingga pada MUSRENBANGKEL yang harus terselenggara setidaknya pada bulan Januari 2012 mendatang , pelaksanaannya dapat lebih matang dan hasil-hasil yang lebih akurat karena adanya keterlibatan masyarakat pada tingkat Basis secara langsung , dalam hal ini yang menjadi masyarakat pelaku ( Subyek ) , bukan sebagai masyarakat Obyek .

Dengan demikian , untuk periode mendatang , kiranya banyak prospek yang seharusnya lebih dapat ditingkatkan , sehubungan dengan adanya penyelenggaraan MUSRENBANGKEL untuk periode 2012 , mengingat ketelibatan masyarakat secara langsung dapat dilakukan dan sangat diharapkan , dalam menentukan keputusa-keputusan yang dikehendaki secara mufakat .

Untuk itu , dalam upaya mensukseskan pelaksanaan MUSRENBANGKEL periode 2012 , bagi pengurus wilayah tingkat RT / RW  , yang merupakan tingkat Basis awal penyelenggaraan  , diharapkan dapat segera memulai dan melaksanakan tahapan-tahapan sebagaimana tersebut di atas , mengingat saat ini sudah akhir tahun , dan beberapa hari lagi sudah menjelang tahun 2012 .

Sudah siap demi kebaikan bersama ? .

Mari bergotong-royong membangun dan mengentaskan kemiskinan bersama-sama .
 
 
Selamat Natal 2011 , dan Tahun Baru 2012
___________________________________________________________________________________

Pra Musyawarah Kelurahan ( Pramuskel ) Kemlayan , Tawangmangu , 12-13 November 2011
Dokumentasi : Pak Purwo

PRA-MUSKEL

___________________________________________________________________________________

Penguatan LKM , Relawan dan UP – UP , kalurahan Kemlayan
26 November 2011 . Dokumentasi :  PNPM - MP

pnpm-26-11-penguatan-4 pnpm-26-11-penguatan-3
pnpm-26-11-penguatan-2 pnpm-26-11-penguatan-5



















No comments:

Post a Comment